Selasa, 25 September 2012

Taman Mini Indonesia Indah


Taman Mini Indonesia Indah

Sejarah dari Taman Mini Indonesia:

TMII mulai dibangun tahun 1972 dan diresmikan pada tanggal 20 April 1975 diresmikan oleh Ibu Negara Siti Hartinah atau yang lebih dikenal yaitu Ibu Tien. Berbagai aspek kekayaan alam dan budaya Indonesia sampai pemanfaatan teknologi modern diperagakan di areal seluas 150 hektar. Aslinya topografi TMII agak berbukit, tetapi ini sesuai dengan keinginan perancangnya. Tim perancang memanfaatkan ketinggian tanah yang tidak rata ini untuk menciptakan bentang alam dan menggambarkan berbagai jenis lingkungan hidup di Indonesia. Taman Mini Indonesia (TMII) merupakan suatu kawasan taman wisata bertema budaya Inonesia di Jakarta Timur. Area seluas kurang lebih 150 hektar atau 1,5 kilometer. Taman ini merupakan rangkuman kebudayaan indonesia, yang mencakup berbagai aspek kehidupan sehari-hari. Pada tahun 1975 yang ditampilkan dalam anjungan daerah berarsitektur tradisional, serta menampilkan tarian dan tradisi daerah. Di tengah-tengah TMII terdapat sebuah danau yang menggambarkan miniatur kepulauan Indonesia ditengahnya, kereta gantung, berbagai museum, dan teater Keong Mas dan teaer Tanah Airku. Dan berbagai sarana rekreasi ini menjadi TMII sebagai satu kawsan wisata di Ibu Kota.

Anjungan Daerah 

Di Indonesia, hampir setiap suku bangsa memiliki bentuk dan corak bangunan yang berbeda. Bangunan atau arsitektur tradisional yang mereka buat selalu dilatarbetakangi oleh kondisi lingkungan dan kebudayaan yang dimiliki. Anjungan ini dibangun di sekitar danau dengan miniatur Kepulauan Indonesia, secara tematik dibagi atas enam zona; Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara, Maluku dan Papua. Tiap anjungan menampilkan bangunan khas setempat. Anjungan ini juga menampilkan baju dan pakaian adat, busana pernikahan, baju tari, serta artefak etnografi seperti senjata khas dan perabot sehari-hari, model bangunan, dan kerajinan tangan. Semuanya ini dimaksudkan untuk memberi informasi lengkap mengenai cara hidup tradisional berbagai suku bangsa di Indonesia. Setiap anjungan provinsi juga dilengkapi panggung, amfiteater atau auditorium untuk menampilkan berbagai tarian daerah pertunjukan musik daerah.


Sarana Rekreasi dibagi menjadi beberapa yaitu :

   

      *   Istana Anak-anak Indonesia
·   *   Kereta Gantung 
·  *    Perahu Angsa Arsipel Indonesia
·  *    Taman Among Putro
· *     Taman Ria Atmaja
· *     Desa Wisata
· *     Kolam renang Snow Bay


  Di TMII terdapat sepuluh macam taman yang menunjukkan keindahan flora dan fauna Indonesia:

·         Taman Anggerk
·         Taman Apotek Hidup
·         Taman Kaktus
·         Taman Melati
·         Taman Bunga Keong Emas

TEATER 



  • Teater IMAX Keong Emas yaitu teater dengan layar berukuran raksasa, jauh lebih besar daripada layar bioskop ukuran normal. Di Teater IMAX Keong Mas diputar berbagai film mulai dari film bertemakan lingkungan dan kebudayaan nusantara sampai film-film box office yang resolusinya diubah menjadi khusus untuk teater IMAX. Film IMAX yang diputar antara lain Indonesia Indah II, Force of Nature, T-Rex, Blue Planet, Arabia, Journey to Mecca, dll. Beberapa film box office yang pernah diputar disini diantaranya adalah:
  • Teater Tanah Airku
  • Teater 4D









·       

























Tidak ada komentar:

Posting Komentar