Minggu, 16 September 2012

Wisata Lubang Buaya


Liburan menurut gue itu asik dan menyenangkan, waktu SMA gue sama temen-temen kadang-kadang liburan gue isi ke tempat wisata sejarah. Di situ gue bisa menambah wawasan dan Ilmu Pengetahuan. Sebenarnya gue juga suka tempat wisata hiburan. Waktu itu ke suatu tempat yang bersejarah gue kunjungi di saat sesudah selesai UN. Rencana sih waktu itu sebelum UN, karena masing-masing punya kesibukan akhirnya jadi juga gue ke suatu tempat yang bersejarah yaitu Lubang Buaya bersama temen-temen gue.

Sejarah Lubang Buaya




Gerakan 30 September  atau yang sering disingkat G 30 S PKI, G-30S/PKI, Gestapu (Gerakan September Tiga Puluh), Gestok (Gerakan Satu Oktober) adalah sebuah peristiwa pembantaian  6 Jendral dan 1 perwira yang terjadi selewat malam tanggal 30 September  1965 dan baru ditemukan pada tanggal 1 Oktober 1965 pada saat itulah ditetapkannya sebagai hari kesaktian pancasila. Selain itu pada masa Soeharto biasanya dilakukan upacara bendera di Monumen Pancasila Sakti di Lubang Buaya dan dilanjutkan dengan tabur bunga di makam para pahlawan revolusi di TMP Kalibata.



Namun sejak era Reformasi bergulir, film itu sudah tidak ditayangkan lagi dan hanya tradisi tabur bunga yang dilanjutkannya. Pada tanggal 29 September - 4 Oktober 2006, diadakan rangkaian acara peringatan untuk mengenang peristiwa pembunuhan terhadap ratusan ribu hingga jutaan jiwa di berbagai pelosok Indonesia. Acara yang bertajuk "Pekan Seni Budaya dalam rangka memperingati 40 tahun tragedi kemanusiaan 1965" ini berlangsung di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia.


Manfaatnya dari lubang buaya menurut gue sama temen-temen yaitu dapat mengetahui sejarah tentang kebiadapan para komunis atau G 30 S PKI yang secara kejam yang di bunuh 6 pahlawan dan anaknya dari Ahmad Yani yaitu Ade Irma Surya yang menjadi korban G 30 S PKI.

Inilah pengetahuan gue sama temen-temen tentang sejarah Lubang Buaya pada saat masih SMA. Menurut gue sama temen-temen wisata Lubang Buaya sangat bagus di samping sebagai tempat wisata juga sebagai untuk menambah Ilmu Pengetahuan sejarah dan Menurut gue liburan itu menjadi berarti.

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar